MODEL LINGKUNGAN UNTUK MANAJEMEN PENJUALAN
Ada dua tipe dasar lingkungan yang harus dipertimbangkan oleh manajer penjualan :
1. Lingkungan Internal
Adl faktor-faktor yang ada di dalam organisasi yang mempunyai pengaruh terhadap proses penjualan. Contoh : sumber-sumber perusahaan, anggaran penjualan, jumlah dan tipe produk yg ditawarkan, struktur organisasi wiraniaga.
2. Lingkungan Eksternal
Adl faktor-faktor di luar kontrol organisasi yg berpengaruh terhadap proses penjualan. Contoh Biaya BBM yg meningkat terus, peraturan baru pemerintah atau meningkatnya bunga bank.
MENGHADAPI PERUBAHAN LINGKUNGAN



Cara yg dapat dilakukan utk mengahadapi peluang dan ancaman lingkungan :




KOMPONEN DALAM LINGKUNGAN EKSTERNAL

1. Rata-rata umur populasi
2. Perubahan distribusi geografi
3. Peningkatan pendidikan
4. Peningkatan jumlah wanita bekerja
5. Pentingnya mempertimbangkan budaya

1. Transportasi
2. komunikasi
3. Komputer

1. Tingkat pendapatan dan kemampuan membeli
2. Pengaruh inflasi
3. Tabungan dan pola belanja
4. Pengangguran

1. Kompleksitas persaingan
2. Model persaingan : Persaingan sempurna,
Oligopoli, Monopolistik, Monopoli

1. Peraturan praktek harga
2. Deregulasi
3. Pengaruh lingkungan hukum pada
manajemen penjualan
4. Kesempatan kerja yang seimbang
5. Perlindungan konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar