Definisi Manajemen Wilayah
Wilayah penjualan adalah wilayah yang menjadi tanggungjawab seorang wiraniaga untuk sejumlah pelanggan saat ini dan pelanggan potensial yang diberikan kepadanya.
Manajemen wilayah adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan aktivitas-aktivitas wiraniaga dengan tujuab merealisasikan penjualan dan laba potensial untuk wilayah mereka.
Lingkup Manajemen Wilayah
- Menganalisis wilayah
- Merencanakan secara komprehensif dan mempersiapkannya
- Pengambilan keputusan secara hati-hati
- Kemampuan menjalin hubungan
- Komunikasi yang efektif
- Efisiensi manajemen waktu
Disain Wilayah Penjualan
Mendisain wilayah penjualan meliputi rincian yang didasarkan data pelanggan sehingga mereka dapat dilayani secara individual dengan baik oleh wiraniaga
Pembagian wilayah penjualan biasanya kombinasi dalam suatu daerah, beberapa daerah dalam satu bagian dan beberapa bagian dalam satu zona dan sejumlah zona dalam wilayah nasional
Prosedur Untuk Pengembangan Wilayah
Tujuan dan kriteria formasi wilayah
Dasar-dasar wilayah
1. Geografi
2. Potensi
3. Permintaan pelayanan
4. Beban kerja
Metode–metode mengembangkan wilayah
1. Metode bulidup
2. Metode breakdown
3. Metode incremental
Penugasan wiraniaga ke wilayah
Model Manajemen Wilayah
- Analisis : Jumlah pelanggan, pelanggan potensial, permintaan pelayanan
- Tujuan : Target penjualan, target laba, target bisnis baru
- Strategi : Frekwensi panggilan, penawaran produk, harga
- Taktik : Lingkup wilayah, rute, jadwal
- Implementasi : Prospek yang ada, pelanggan yang terlayani, pelaporan
- Pengawasan : Kuota, prosedur pelaporan, review dan revisi
Operasional Sistem Manajemen wilayah
- Rute
1. Metode straight line
2. Pola cloverleaf
3. Pola hopscotch
- Jadwal
Manajemen Waktu


1. Perencanaan
2. Disiplin
3. Organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar