Sabtu, 19 Maret 2011

ORGANISASI WIRANIAGA

Tugas Organisasi Penjualan
Tugas dasar yg harus diselesaikan oleh organisasi :
  1. Tetap memelihara pencapaian tujuan dan sasaran wiraniaga
  2. Penugasan tugas khusus dan pertanggungjawaban
  3. Integrasi dan koordinasi dengan elemen-elemen lain dalam perusahaan
Pengembangan Sebuah Organisasi Penjualan
Bentuk dasar organisasi
  1. Organisasi Formal dan Informal
Organisasi formal : manajemen menciptakan hubungan antara departemen-departemen dan antar individu-individu
Organisasi informal : pola komunikasi yg dibentuk dari hubungan social yg ada di dalam organisasi formal
            Grapevine: nama lain dari pola komunikasi dari organisasi informal

                      2.    Organisasi Horizontal Vertical
Organisasi penjualan vertical      : organisasi yg mempunyai beberapa tingkat manajemen yg semuanya melaporkan ke atas ke tingkat diatasnya
Organisasi penjualan horizontal   : organisasi yg mempunyai jumlah tingkatan manajemen sedikit dan mempunyai jumlah manajer dari masing-masing tingkat yg banyak

3.                3.    Struktur organisasi sentralisasi dan desentralisasi
Desentralisasi organisasi penjualan          : organisasi yg tanggungjawab dan wewenangnya didelegasikan ke tingkatan manajemen yg lebih rendah
Centralisasi organisasi penjualan               : organisasi yang tanggungjawab dan wewenangnya terkonsentrasi pada tingkatan manajemen yg tertinggi
4.                4.    Organisasi garis staff
            Fungsi garis         : aktifitas organisasi yang utama
            Fungsi staff         : aktivitas yg mendukung organisasi

5.                 5.   Organisasi Ukuran Pelanggan
Organisasi fungsional perusahaan            : format organisasi yg didasarkan pada aktivitas-aktivitas utama

Tipe-Tipe Dasar Organisasi Penjualan
a.       Spesialisasi Geografi
adalah organisasi penjualan yg personel penjualannyadiberikan tanggungjawab untuk aktivitas penjualan langsung dalam sebuah area geografi yg ditentukan.
                Keuntungan : simple, adaptasi dan improve coverage di tingkat lokal .
b.      Spesialisasi Pelanggan
adalah organisasi penjualan yg personel penjualannya diorganisasi menurut pelanggan khusus atau industry.
Keuntungan : pengetahuan tentang industri/pelanggan mendalam, focus ke pelanggan (mengetahui kebutuhannya), kemungkinan membangun hubungan yg erat dengan klien.
c.       Spesialisasi Produk
adalah organisasi penjualan yg personel penjualannya mengkonsentrasikan usahanya pada produk khusus, merek atau item individu
.
 Tren dalam Organisasi Penjualan
a.                  a.    Telemarketing                   : penggunaan teknologi komunikasi dalam personal selling
b.      Direct Marketing              : pendekatan pemasaran dengan memotong perantara untuk menyampaikan barang dan jasa secara langsung dari penjual ke konsumen
c.       Inbound Telemarketing : usaha telemarketing dimana pelanggan potensial yg menhubungi perusahaan penjualan
d.      Outbound Telemarketing : usaha telemarketing dimana perusahaan penjualan yg menghubungi prospek atau pelanggan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar