Minggu, 13 Maret 2011

TERRITORY DEVELOPMENT AND TIME MANAGEMENT

Definisi Manajemen Wilayah
Wilayah penjualan adalah wilayah yang menjadi tanggungjawab seorang wiraniaga untuk sejumlah pelanggan saat ini dan pelanggan potensial yang diberikan kepadanya.
Manajemen wilayah adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan aktivitas-aktivitas wiraniaga dengan tujuab merealisasikan penjualan dan laba potensial untuk wilayah mereka.

Lingkup Manajemen Wilayah
  • Menganalisis wilayah
  • Merencanakan secara komprehensif dan mempersiapkannya
  •  Pengambilan keputusan secara hati-hati
  • Kemampuan menjalin hubungan
  • Komunikasi yang efektif
  • Efisiensi manajemen waktu


Disain Wilayah Penjualan
Mendisain wilayah penjualan meliputi rincian yang didasarkan data pelanggan sehingga mereka dapat dilayani secara individual dengan baik oleh wiraniaga
Pembagian wilayah penjualan biasanya kombinasi dalam suatu daerah, beberapa daerah dalam satu bagian dan beberapa bagian dalam satu zona dan sejumlah zona dalam wilayah nasional

Prosedur Untuk Pengembangan Wilayah
  • *       Tujuan dan kriteria formasi wilayah
  • *       Dasar-dasar wilayah

                1. Geografi
                2. Potensi
                3. Permintaan pelayanan
                4. Beban kerja
  • *       Metode–metode mengembangkan wilayah

                1. Metode bulidup
                2. Metode breakdown
                3. Metode incremental
  • *       Penugasan wiraniaga ke wilayah


Model Manajemen Wilayah
  1. Analisis : Jumlah pelanggan, pelanggan potensial, permintaan pelayanan
  2. Tujuan : Target penjualan, target laba, target bisnis baru
  3. Strategi : Frekwensi panggilan, penawaran produk, harga
  4. Taktik : Lingkup wilayah, rute, jadwal
  5. Implementasi : Prospek yang ada, pelanggan yang terlayani, pelaporan
  6. Pengawasan : Kuota, prosedur pelaporan, review dan revisi
Operasional Sistem Manajemen wilayah
  • Rute

                1. Metode straight line
                2. Pola cloverleaf
                3. Pola hopscotch
  • Jadwal


Manajemen Waktu
*       Manajemen waktu adalah penyusunan waktu wiraniaga sehingga memaksimalkan waktu yang produktif dan meminimalisir waktu yang terbuang
*       Ketrampilan manajemen waktu
                1. Perencanaan
                2. Disiplin
                3. Organisasi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar