Senin, 07 Maret 2011

PRELIMINARY STEPS IN THE SELLING PROCESS

THE SELLING PROCESS
  1. Prospecting
      a. Identify potential customer
      b. Qualifiying potential customer
  2. Preparing
      a. Preapproach
      b. Call planning
  3. Presenting
      a. Approach
      b. Probe for need
      c. Convince the prospect
  4. Handling Objection
  5. Closing
  6. Follow up

         PROSPECTING
         Prospecting adalah identifikasi pelanggan potensial dan mengkualifikasikannya untuk menentukan apakah mereka benar-benar merupakan prospek yang valid.
  1. Mengidentifikasi Prospek
            Prospek bisa muncul dari beberapa sumber : teman, kenalan, wiraniaga lain, pelanggan saat ini, suplier, karyawan non penualan perusahaan dan pertemuan sosial atau pertemuan proesional

    Sumber-sumber dan teknik untuk menemukan prospek adalah
      1. Pelanggan saat ini
      2. Pelanggan terdahulu
      3. Kontak secara langsung
      4. Direktori
      5. Referensi
      6. Pameran dagang
      7. Pemasaran langsung

    2. Kualifikasi prospek
      Salah satu pendekatan untuk melakukan kualifikasi adalah dengan pendekatan MAN (Money, Authority dan Need), meliputi jawaban dari 3 pertanyaan tentang prospek :
      1. Money / uang
      Apakah prospek benar-benar mempunyai   uang atau sumber keuangan untuk membeli   barang atau jasa?
      2. Authority / kewenangan
      Apakah prospek mempunyai kewenangan untuk   membuat suatu komitmen?


    3. Need / Kebutuhan
      Apakah prospek benar-benar menginginkan atau membutuhkan barang atau jasa?



     PREPARING/PERSIAPAN

    1.Pre approach/Pendekatan awal

      atau mencari fakta tentang prospek yaitu mengumpulkan informasi dari prospek tentang kebutuhan dan keinginan mereka.
      Pertanyaan yang harus dijawab :
    a. siapakah pelanggan yang harus ditemui?
    b. apa yang dibutuhkan oleh pelanggan?
    c. Informasi-informasi apa yang dibutuhkan?
    d. Dimana mengumpulkan informasi?

    2.   Merencanakan pertemuan
    adalah kegiatan khusus sebelum wawancara penjualan dilakukan.
    a. Tujuan yang jelas
    b. Mengembangkan strategi
    c. Membuat janji 
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar