THE SELLING PROCESS
1. Prospecting
a. Identify potential customer
b. Qualifiying potential customer
2. Preparing
a. Preapproach
b. Call planning
3. Presenting
a. Approach
b. Probe for need
c. Convince the prospect
4. Handling Objection
5. Closing
6. Follow up
PROSPECTING
Prospecting adalah identifikasi pelanggan potensial dan mengkualifikasikannya untuk menentukan apakah mereka benar-benar merupakan prospek yang valid.
- Mengidentifikasi ProspekProspek bisa muncul dari beberapa sumber : teman, kenalan, wiraniaga lain, pelanggan saat ini, suplier, karyawan non penualan perusahaan dan pertemuan sosial atau pertemuan proesional
Sumber-sumber dan teknik untuk menemukan prospek adalah1. Pelanggan saat ini2. Pelanggan terdahulu3. Kontak secara langsung4. Direktori5. Referensi6. Pameran dagang7. Pemasaran langsung
2. Kualifikasi prospekSalah satu pendekatan untuk melakukan kualifikasi adalah dengan pendekatan MAN (Money, Authority dan Need), meliputi jawaban dari 3 pertanyaan tentang prospek :1. Money / uangApakah prospek benar-benar mempunyai uang atau sumber keuangan untuk membeli barang atau jasa?2. Authority / kewenanganApakah prospek mempunyai kewenangan untuk membuat suatu komitmen?
3. Need / KebutuhanApakah prospek benar-benar menginginkan atau membutuhkan barang atau jasa?
PREPARING/PERSIAPAN
1.Pre approach/Pendekatan awal
atau mencari fakta tentang prospek yaitu mengumpulkan informasi dari prospek tentang kebutuhan dan keinginan mereka.Pertanyaan yang harus dijawab :a. siapakah pelanggan yang harus ditemui?b. apa yang dibutuhkan oleh pelanggan?c. Informasi-informasi apa yang dibutuhkan?d. Dimana mengumpulkan informasi?
2. Merencanakan pertemuanadalah kegiatan khusus sebelum wawancara penjualan dilakukan.a. Tujuan yang jelasb. Mengembangkan strategic. Membuat janji
Tidak ada komentar:
Posting Komentar