Minggu, 13 Maret 2011

SALES MANAGEMENT ENVIRONMENT

MODEL LINGKUNGAN UNTUK MANAJEMEN PENJUALAN
                Ada  dua tipe dasar lingkungan yang harus dipertimbangkan oleh manajer penjualan :
1.       Lingkungan Internal
Adl faktor-faktor yang ada di dalam organisasi yang  mempunyai pengaruh terhadap proses penjualan. Contoh : sumber-sumber  perusahaan, anggaran penjualan, jumlah dan  tipe produk yg ditawarkan, struktur organisasi  wiraniaga.
2.       Lingkungan Eksternal
Adl faktor-faktor di luar kontrol organisasi yg berpengaruh terhadap proses penjualan. Contoh Biaya BBM yg meningkat terus, peraturan baru pemerintah atau meningkatnya bunga bank.

MENGHADAPI PERUBAHAN LINGKUNGAN
*      Mengamati lingkungan adl mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan utama dalam manajemen penjualan, penugasan dan tanggungjawab utk masing-masing area, dan mengembangkan metode mengumpulkan dan menyebaran informasi yang telah dikumpulkan
*      Peluang lingkungan adl sebuah situasi menyenangkan yg mengarahkan tindakan positif yg membuat kemungkinan tingkat keberhasilan tinggi
*      Ancaman lingkungan adl situasi yg tidak menyenangkan jika tidak diperhitungkan dan diantisipasi akan berdampak pada penurunan efektivitas penjualan

Cara yg dapat dilakukan utk mengahadapi peluang dan ancaman lingkungan :
*      Merespon tantangan-tantangan yang ada
*      Beradaptasi dengan perubahan
*      Melawan perubahan
*      Mencoba memodifikasi perubahan

KOMPONEN DALAM LINGKUNGAN EKSTERNAL
*      Lingkungan Sosial dan Budaya
                    1. Rata-rata umur populasi
                    2. Perubahan distribusi geografi
                    3. Peningkatan pendidikan
                    4. Peningkatan jumlah wanita bekerja
                    5. Pentingnya mempertimbangkan budaya
*      Lingkungan Teknologi
                    1. Transportasi
                    2. komunikasi
                    3. Komputer
*      Lingkungan Ekonomi
                    1. Tingkat pendapatan dan kemampuan membeli
                    2. Pengaruh inflasi
                    3. Tabungan dan pola belanja
                    4. Pengangguran
*      Lingkungan Persaingan
                    1. Kompleksitas persaingan
                    2. Model persaingan : Persaingan sempurna,
                        Oligopoli, Monopolistik, Monopoli
*      Lingkungan Politik dan Hukum
                    1. Peraturan praktek harga
                    2. Deregulasi
                    3. Pengaruh lingkungan hukum pada
                        manajemen penjualan
                    4. Kesempatan kerja yang seimbang
                           5. Perlindungan konsumen 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar